Ingin membuat surat dengan banyak tujuan undangan, tanpa repot-repot bikin satu-satu atau copy-pastebolak-balik? Yuk, coba cara yang akan kita uraikan di bawah ini.

Pertama, buatlah surat undangan seperti contoh di bawah ini.

Kemudian, buatlah daftar penerima undangan seperti contoh di bawah ini menggunakan Microsoft Excel.

Kemudian save document Excel tersebut di folder tertentu.
Kembali lagi ke document Surat Undangan.
Klik Tab “Mailings”

Kemudian pilih Select Recipients => Use Excisting List…

Kemudian akan keluar Kotak Dialog => menuju file Daftar Undangan dalam Excel => Open.

Akan keluar kotak Dialog Select Table, klik “Sheet 1$” => OK seperti berikut:

Kemudian pilih Insert Merge Field

Klik pada “Nomor Surat” pada surat undangan, kemudian klik No_Surat pada Insert Merge Field.
Klik pada “Kepada” pada surat undangan, kemudian klik Nama dan Alamat pada Insert Merge Field.
Klik pada “Saudara” pada surat undangan, kemudian klik Nama pada Insert Merge Field.

Kemudian Klik Preview Results

Lalu klik “Next Record” untuk memasukkan “no. Surat, nama, dan alamat”.
Lalu klik “Finish & Merge” =>Edit Individual Documents

Lalu akan muncul kotak dialog ini

Lalu klik OK.
Lalu akan muncul Microsoft Word dengan nama file “Letters 1”

Setelah keluar nama saudara yang akan diundang, periksa kembali apakah nomor surat, nama, dan alamat apakah sudah sesuai. Selamat mencoba  :D

About these ads